Bandara Halim Perdana Kusuma Akan Ditutup Dampak Revitalisasi

Bandara Halim Perdana Kusuma Akan Ditutup Dampak Revitalisasi
LambeTurah.co.id - Bandara Halim Perdana Kusuma sempat dikabarkan akan tutup dalam waktu dekat. Bandara dikabarkan akan menutup landasannya selama 9 bulan dan membuat penerbangan maskapai nasional tidak dapat beroperasi.

Mengenai kabar ini, Kementerian Perhubungan mengatakan jika penutupan Bandara Halim Perdana Kusuma menjadi imbas revitalisasi bandara. Namun, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menyatakan sampai saat ini nasib ditutup atau tidaknya bandara Halim masih dalam pembahasan.

Belum ada satupun keputusan yang diambil soal penutupan bandara. Sampai saat ini, Kemenhub tengah membahas berbagai hal yang harus dipersiapkan terkait dampak dari proses revitalisasi, tak terkecuali penutupan bandara.

Dikecam Karena Amankan Pedagang Kerupuk, Dishub Pontianak Beri Penjelasan



"Soal penutupan masih dibahas," kata Novie, Jumat (5/11/2021).

Novie menjelaskan jika revitalisasi bandara diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih satu tahun. Saat ini, pihak Novie sedang menyiapkan desain sisi kesiapan penerbangan. Mulai dari runway alias landasan pacu hingga masalah drainasenya.

"Kami sedang menyiapkan desain sisi udara seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase. Hal-hal tengah kami bahas dengan berbagai pihak," ujar Novie.

Kabar mengenai Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup diketahui dari sebuah risalah rapat koordinasi operasional bandara yang dipimpin oleh Executive General Manager Angkasa Pura II Marsma TNI Nandang Sukarna.

Rapat itu dilakukan pada hari Senin, 1 November kemarin. Dalam rapat itu, landasan pacu alias runaway diputuskan bakal ditutup.