Banjir Lahar Dingin Kembali Terjang Warga Disekitar Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin Kembali Terjang Warga Disekitar Gunung Semeru
LambeTurah.co.id - Hujan deras mengguyur dibeberapa wilayah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Akibatnya, sejumlah titik di Kecamatan Candipuro dilaporkan terendam banjir lahar dingin.

"Berdasarkan citra radar cuaca Tanggal 2 Januari 2022 pukul 14.31 WIB cuaca di kawasan Gunung Semeru pada umumnya hujan. Hujan ringan – sedang terpantau di wilayah Kecamatan Pasrujambe, Candipuro dan Pronojiwo. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung 1-2 jam ke depan,” terang Joko Sambang, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang, Minggu (2/1/2022).

Meterial lahar dingin yang menumpuk di Daerah Aliran Sungai (DAS) meluap hingga ke pemukiman bahkan kembali merendam jalan utama Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Dikhawatirkan jika terus terjadi hujan, maka aliran lahar dingin akan membentuk jalur baru. Jalur baru ini dikhawatirkan akan menuju ke pemukiman Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh.

Steven DNA Pro Diburu Mabes Polri, Bagaimana Nasib Uang Sekoper dan Pembelian Mobil?



“Ini posisi di Kamar Kajang, di sodetan yang memindahkan aliran, kalau ditarik garis lurus akan menuju ke kampung renteng,” imbuhnya.

Selain adanya banjir yang menyerang sejumlah desa, Jembatan Limpas yang menjadi akses menuju Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian sementara juga tidak bisa dilalui. Sebab jembatan tertutup aliran lahar dingin dari DAS Bondeli Utara.

Joko tetap mengimbau masyarakat sementara tidak melakukan aktivitas di sekitar aliran lahar dingin Gunung Semeru. Baik di DAS Bondeli Utara maupun di sekitar Curah Kobokan.