Bikin Bingung Jadi Alasan Polisi Ganti Seragam Satpam jadi Krem

Bikin Bingung Jadi Alasan Polisi Ganti Seragam Satpam jadi Krem
LambeTurah.co.id - Seragam satuan pengamanan (satpam) akan diubah lagi, dari sebelumnya coklat muda yang senada dengan seragam polisi menjadi warna krem. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana memperkenalkan seragam baru satpam tersebut pada HUT ke-41 Satpam.

“Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar Hari Ulang Tahun Satpam ke-41 dan pada saat Hari Ulang Tahun Satpam tersebut akan diperkenalkan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan Kamis (13/1/2022).

Menurutnya perubahan warna seragam satpam tersebut dilakukan karena dinilia seragam satpam kini mirip dengan kepolisian. Hal tersebut kemudian membuat masyarakat kebingungan dan kesulitan dalam membedakan satpan dan polisi.

Diduga Afiliator Binary Option Oxtrade, Captain Vincent Dilaporkan ke Polda Metro Jaya



“Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan masyarakat. Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam,” kata dia.

Perlu diketahui, dasar aturan penggunaan seragam coklat pada satpam berdasarkan aturan tentang Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Aturan tersebut menjelaskan mengenai seragam bagi satpam pria dan wanita yakni mengenakan baju atasan coklat muda dan bawahan coklat tua.

Menurut Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono ada sejumlah alasan mengapa seragam satpam yang semula biru putih menjadi coklat muda. Di antaranya yakni untuk menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

"Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Selain itu, warna coklat juga dipilih lantaran warna tersebut dinilai netral dan identik dengan warna-warna elemen bumi, seperti tanah, kayu, dan batu. Warna coklat juga melambangkan kebersahajaan, kehangatan, kejujuran dan keanggunan.