Dituding Gelapkan Dana Bantuan Kemanusiaan, Ini Penjelasan Rachel Vennya

Dituding Gelapkan Dana Bantuan Kemanusiaan, Ini Penjelasan Rachel Vennya
Selebgram dan Influencer Rachel Vennya dituding menggelapkan dana bantuan kemanusiaan oleh seorang warganet. Hal itu diketahui dari unggahan Instastory Rachel Vennya.

Rachel Vennya mengunggah percakapan pribadi seorang warganet dengan salah satu akun usaha batik. Dalam percakapan tersebut, Rachel diduga menyelewengkan bantuan saat bencana.

"Jujur aja dia banyak selewengin bantuan saat bencana n orang g berani tanya karena nama besarnya tapi buat aku sih g ngaruh," tulis akun tersebut.

Berita Duka ! Pelawak Senior Ali Nurdin Meninggal Dunia



Tak ingin menjadi polemik, Rachel Vennya pun menjelaskan awal mula adanya percakapan tersebut. Rachel mengatakan jika hal ini bermula saat dirinya lupa mengunggah endorse-an dari salah satu produk batik.

"Kesalahan 1 aku lupa post tgl 2 october kemarin, kita langsung minta maaf dan kita gakpapa banget refund," tulis Rachel Vennya.

"Proses refund emg ga langsung sedetik, krn emang kebetulan semua team ikut ke Bali & yg transfer orang finance di Jakarta (yg punya perusahaan pasti tau ini ko) cuma emang ini salah kami ya kita lupa post tanggal 2 october, aku ga bilang aku ga salah sama sekali," sambung Rachel.

Terkait tudingan penggelapan dana kemanusiaan, Rachel Vennya membantah hal tersebut. Bahkan, pihak manajemen menyebut jika penggalangan dan penyaluran bantuan kemanusiaan dilakukan melakui kitabisa.com.

"Disetiap galang dana prosesnya panjang, ketika kita mau nyalurin, tim kitabisa milihin yayasan sosial yang mau akan implementasi, kita verifikasi, kita cek RABnya, kita monitor setiap progresnya, kita buatin kisah-kisah suksesnya baik di sosmed @temanbaik.rachelvennya/dikabar terbaru kitabisa," tulis akun @faniakhamada, salah satu tim dari Rachel Vennya.

"Semua pencairan pun juga bisa diakses secara transparan oleh siapa saja, berapa nominalnya, kemana donasi dicairin, dan akan digunain buat apa aja. Intinya pengelolaan donasi oleh @rachelvennya dipegang penuh oleh tim Kitabisa," sambung akun tersebut.

Pihak dari Kitabisa.com pun memberikan klarifikasi. Kitabisa mengatakan jika hasil donasi tidak sepeser pun diberikan kepada Rachel Vennya.

"Kami mau info ke followers Rachel bahwa semua pengelolaan dan penyaluran donasi Rachel dibantu Kitabisa. Tidak ada hasil donasi sepeser pun yang diberikan atau ditransfer ke rekening Rachel," tulis akun Kitabisa.com

"Teman-teman juga bisa lihat laporan setiap penyaluran secara transparan dalam fitur 'Kabar Terbaru', di setiap halaman galang dana Rachel di Kitabisa," ungkap akun Kitabisa.com.