Pasien Omicron di Jabodetabek Dapat Konsultasi dan Obat Gratis

Pasien Omicron di Jabodetabek Dapat Konsultasi dan Obat Gratis
LambeTurah.co.id - Kementerian Kesehatan RI mengumumkan pelanyanan telemedicine gratis bagi pasien Omicron. Pelayanan ini baru bisa dirasakn di Jabodetabek, nantinya pasien COVID-19 bisa mendapatkan konsultasi gratis dan obat gratis.

Caranya cukup mudah, layanan ini adalah kerja sama Kemenkes RI dengan berbagai macam platform telemedecine. Masyarakat bisa langsung mengakses 17 layanan telemedecine berikut meliputi; Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia dan YesDok.

Namun, wajib diingat ya, pasien Omicron yang bisa mendapat layanan telemedicine gratis harus melakukan tes COVID-19 di lab yang terafiliasi Kementerian Kesehatan RI. Jika hasilnya positif COVID-19, lab tersebut akan melaporkan data ke Kemenkes RI dan pasien otomatis mendapatkan pesan WhatsApp.

Anak Sambung Ultah, Alvin Faiz Berikan Kado Mobil Baru



“Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara Daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine. Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis," tutur Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, dalam keterangan resmi Senin (24/1/2022).

Jika sudah melakukan konsultasi, resep akan diberikan secara digital. Pasien Omicron bisa mengakses atau menebus obat tersebut melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. Hanya pasien dengan kategori Layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan), yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis. Paket obat dibagi dua, khusus pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan.

Paket A (pasien tanpa gejala)
- Multivitamin C, B, E,
- Zinc 10 tablet
Paket B (pasien bergejala ringan)
- Multivitamin C, B, E
- Zinc 10 tablet
- Favipiravir 200mg 40 kapsul
- Molnupiravir 200 mg - 40 tab dan parasetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan).