Tol Cisumdawu Seksi 1 Resmi Beroperasi Mulai Hari Ini

Tol Cisumdawu Seksi 1 Resmi Beroperasi Mulai Hari Ini
LambeTurah.co.id - Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawu) telah resmi beroperasi mulai hari ini, Senin, 24 Januari 2021. Tol yang beroperasi adalah Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 kilometer.

"Seksi 1 aja (yang baru beroperasi)," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian melalui pesan singkat, kemarin Minggu (23/1/2022).

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Tol Cisumdawu Seksi 1 dan 2 dikerjakan pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) untuk menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Tol Cisumdawi Seksi 3-6 dibangun oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi Rp 8,41 triliun.

Pemerintah Akan Berikan Sanksi Bagi yang Belum Tertib Gunakan PeduliLindungi



Rangkaian peresmian kegiatan pengoperasian Tol Cisumdawu Seksi 1 akan dihadiri oleh pihak PT CKJT, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan perwakilan Kementrian PUPR.

"Pukul 15.45 WIB Ceremony Pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu," bunyi agenda yang diterima
Proyek Tol Cisumdawu sudah cukup lama dimulai, bahkan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Awal perencanaannya dimulai pada 2005 silam, hingga akhirnya dilakukan groundbreaking pada November 2012.

Saat itu, jalan bebas hambatan tersebut ditargetkan rampung pada 2014. Kemudian target penyelesaiannya terus berubah-ubah mulai dari 2019, 2020, 2021, dan akhirnya besok bisa beroperasi.