Viral Kucing Liar di GBK Dimasukkan ke Plastik

Viral Kucing Liar di GBK Dimasukkan ke Plastik
Viral Kucing Liar di GBK Dimasukkan ke Plastik

Lambeturah.co.id - Sebuah video yang memperlihatkan dua orang petugas di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) tengah menangkap kucing liar viral di media sosial.

Dalam videonya, membuat netizen geram karena kedua petugas GBK itu menangkap kucing liar dan dimasukkan ke dalam sebuah karung plastik. 

Sementara itu, Komunitas pencinta binatang Jakarta Animal Aid Network (JAAN) mengecam keras perlakuan petugas GBK tersebut.

Menurut JAAN, pengelola GBK salah jika ingin mengurangi populasi kucing liar dengan menangkap lalu dimasukkan ke dalam plastik. 

"Jika Anda ingin mengurangi populasi kucing di daerah Anda, satu-satunya solusi yang berkelanjutan dan manusiawi adalah dengan melakukan sterilisasi," tulis JAAN melalui unggahan Instagramnya.

Menanggapi hal itu, pihak GBK lewat akun instagramnya @love_gbk mengklarifikasi hal itu dan menyayangkan pihak sekuriti dari vendor Insekta.id yang merelokasi kucing-kucing liar.

"Kami sangat menyayangkan peristiwa relokasi hewan oleh vendor Insekta.id di kawasan GBK yang tidak sesuai standar. Terima kasih kepada #GBKPeople yang peduli terhadap kesejahteraan hewan (animal welfare) di GBK," tulis akun @love_gbk dikutip dari cerita Instagramnya, pada Selasa (18/6/2024).

"Kami sangat terbuka dengan berbagai saran dan perhatian yang ditujukan bagi kami, untuk membangun PPKGBK yang lebih baik lagi," tambahnya.

Atas kejadian itu, pihak GBK sudah melakukan teguran keras kepada vendor insekta.id akibat tindakan memasukkan kucing ke dalam plastik.

"GBK menegur keras pihak vendor @insekta.co.id, akibat tindakan yang tidak sesuai prosedur serta melakukan evaluasi," tulis akun @love_gbk.

GBK juga kembali menegaskan kucing liar yang dimasukkan ke dalam plastik itu dalam keadaan yang baik.

"Menurut informasi Insekta, kucing- kucing relokasi dari kawasan GBK saat ini dalam keadaan baik. Dalam waktu dekat, GBK segera mengundang komunitas pencinta dan pemerhati hewan untuk duduk bersama dan berdiskusi," tulis @love_gbk.