Yuhu! Mal Akhirnya Terbuka Untuk Anak di Bawah 12 Tahun

Yuhu! Mal Akhirnya Terbuka Untuk Anak di Bawah 12 Tahun
PPKM Jawa-Bali telah diperpanjang hingga dua minggu ke depan. Namun, setiap minggu, pemerintah akan melakukan evaluasi dan penyesuaian aktivitas masyarakat. Salah satunya adalah uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal untuk anak di bawah 12 tahun.

"Akan dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dalam keterangan persnya, Senin (20/9/2021).

Kebijakan ini akan berlaku di lima kota besar yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta dan Surabaya. Selain itu, kata Luhut, bioskop akan kembali dibuka dengan kapasitas maksimal 50% akan dilakukan pada kota-kota PPKM level 3 dan 2.

Farhat Abbas Bakal Laporkan Juragan 99 Terkait Pemugaran Makam Vanessa Angel



"Pembukaan bisokop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan level 2. Namun dengan kewajiban menggunakan aplikasi Peduli Lindungi serta penerapan kesehatan yang ketat kategori kuning dan hijau dapat masuk di area bioskop," ujar Luhut.

Sebelumnya Luhut sempat mengabarkan berita baik terkait pandemi Corona yang melanda Indonesia. Angka masyarakat yang terjangkit Corona terus menurun dan pandemi Corona dinilai sudah dapat terkendali.

"Situasi pandemi COVID-19 terus menunjukkan perbaikan dengan hasil estimasi dari tim epidemiolog Fakultas Kedokteran UI menunjukkan angka reproduksi efektif Corona Indonesia untuk pertama kalinya selama pandemi ini sudah berada di bawah 1 yakni sebesar 0,98," kata Luhut.

Meski begitu, Luhut mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Luhut juga meminta agar masyarakat tidak jemawa dalam menyikapi membaiknya pandemi Covid di Indonesia.