Kementerian PPPA Sebut Media Sosial Kunci Pengungkapan Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Kementerian PPPA Sebut Media Sosial Kunci Pengungkapan Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak
LambeTurah.co.id - Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) dibawah pimpinan Menteri I Gusti Bintang Ayu Puspayoga mengatakan jika pengungkapan berbagai tindak kekerasan seksual terhadap anak, salah satunya berawal media sosial (medsos).

"Saya melihat media sosial merupakan salah satu kunci dalam pencegahan dan penanganan kekerasan seksual," ujar Menteri PPPA, Bintang Puspayoga dikutip 'Dialog Presisi Polri TV', yang dilihat pada Kamis (6/1/2022).

Menteri Bintang mengibaratkan media sosial seperti pisau bermata dua. Satu sisi, media sosial ini bisa menjadi tempat curhat atau berkeluh kesah korban. Tapi di sisi lain juga medsos bisa menjadi tantangan bagi korban, karena akan mengalami bully dan sebagainya.

Imbas Pengusiran Susi Air, Bupati dan Sekda Kabupaten Malinau Disomasi



"Saya bersyukur dengan adanya media sosial ini, dimana kita bisa mendapatkan informasi yang tanpa batas. Sehingga kasus-kasus di suatu daerah A, bisa didengar di daerah B. Ini tentunya menjadi motivasi masyarakat untuk tidak ragu lagi melapor ketika ada kasus," terangnya.

"Nah, inilah yang kita harapkan kepada masyarakat. Tentunya kami sampaikan sekali lagi untuk tidak takut melapor, sehingga kita bisa memberikan keadilan kepada korban dan efek jera kepada pelaku," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bintang juga mengingatkan pentingnya sinergitas lintas institusi dalam mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual yang saat ini marak terjadi, khususnya terhadap anak.

"Saya juga mengingatkan kepada aparat penegak hukum ke depan kita bangun sinergi, kolaborasi, kacamata yang sama dalam menyelesaikan suatu kasus," tukasnya.