Noera by Reisha Sajikan Konten Edukatif dan Kreatif untuk Tingkatkan Penjualan melalui Kanal Digital

Noera by Reisha Sajikan Konten Edukatif dan Kreatif untuk Tingkatkan Penjualan melalui Kanal Digital
Noera by Reisha Sajikan Konten Edukatif dan Kreatif untuk Tingkatkan Penjualan melalui Kanal Digital

Lambeturah.co.id - Lokapasar sebuah perusahaan dibidang etalase digital yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, memacu penjualan di masa pandemi Covid-19. Tak mengherankan, seluruh penjualannya dikontribusikan dari penjualan di kanal digital.

Bryan Pratama, selaku pendiri Noera by Reisha, menyampaikan jika perusahaannya memiliki toko daring (official store) di lokapasar, diantaranya Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop. 

Noera by Reisha, merupakan produsen produk kecantikan dan perawatan kulit, memperkuat ikatan (engangement) antara produknya dan konsumen di kanal digital. Contohnya, dengan komunikasi interaktif pada live shopping yang mengulas produk-produknya.

Menurutnya, formula keberhasilan menjual produknya di e-commerce adalah secara konsisten dengan menyajikan konten yang edukatif dan kreatif yang sangat diminati netizen dan menghindari klaim berlebihan (over claim) dalam memasarkan suatu produk. 

“Selain itu, kami juga rutin melakukan live session di TikTok setiap hari agar dapat berinteraksi dengan followers-nya,” katanya.

Tak hanya itu, ada tim khusus yang mengelola toko daring di e-commerce tersebut. Diantaranya, tenaga profesional yang piawai mengelola administrasi serta pekerja kreatif yang memproduksi konten (content creator).

Untuk konsumen sendiri selalu dijaga dengan apik lantaran tim perusahaan ini rajin berinteraksi di fitur chat. Konsumen yang pernah membeli produk dirawat komunikasinya dengan menanyakan berbagai hal terkait penggunaan produk dan efeknya kepada konsumen.

Demi meningkatkan citra jenama (branding awareness), Bryan bersama manajemen perusahaan mengaktivasi kampanye promosi dan pemasaran di lokapasar. 

“Kami menggunakan strategi meningkatkan awareness terlebih dahulu. Setelah itu, kami mengupayakan agar produk kami menjadi top of mind di sektornya,” ujarnya.

“Kami sudah memiliki banyak distributor dan reseller yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia, bahkan di luar negeri,” tambahnya.

Perusahaan ini menatap cerah penjualan produk kecantikan dan perawatan kulit di lokapasar pada masa mendatang. Ke depan, Bryan dan manajemen berencana untuk melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri dan menggarap peluang bisnis lainnya dengan membuka toko konvensional.

Untuk brand activity, pihaknya pernah membagikan-bagikan produk sun screen di hari bebas kendaraan bermotor (car free day) Jakarta. Noera by Reisha berkolaborasi dengan beberapa perusahaan media massa dalam rangka memperingati Hari Kanker Internasional.

Agar produknya memikat konsumen, Bryan dan timnya. Menerapkan harga yang kompetitif supaya dapat bersaing dengan produk sejenis yang beredar di pasar. 

“Kami melakukan pendekatan harga pasar, yaitu menganalisis produk yang sejenis dan harga yang beredar di pasar, dan kemudian menentukan harga yang kompetitif di pasaran sesuai dengan kualitas,” Pungkasnya.