Bakamla Evakuasi Kecelakaan Kapal Kontainer di Selat Malaka

Bakamla Evakuasi Kecelakaan Kapal Kontainer di Selat Malaka
LambeTurah.co.id - Sebuah kapal bermuatan kontainer mengalami kecelakaan di Perairan Selat Malaka. Kapal TB Mega Daya membawa muatan sebanyak 20 kontainer dan berhasil diamankan oleh Bakamla dan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut Tanjung Balai Karimun.
Proses evakuasi kontainer ini dipimpin langsung oleh Kepala SPKKL TBK Letkol Bakamla Slamet Handhi Rahadiyono dengan melibatkan sejumlah personel SPKKL TBK dan Rapala. Proses evakuasi dilakukan menggunakan kapal Rapala Bakamla RI.


Berdasarkan keterangan yang didapatĀ  kecelakaan terjadi lantaran adaya cuaca burukĀ di Perairan Selat Malaka. Sehingga, muatan kapal kontainer itu jatuh ke laut.



Tanggapi Rachel Vennya Kabur, Sharena Delon: Pengen Gampar


"Penyebab kejadian laka laut kapal TB. Mega Daya 43 yang menarik Tongkang Marcopolo 188 yang bermuatan 195 kontainer diduga akibat cuaca buruk, angin kencang serta gelombang kuat, sehingga barang muatan berupa kontainer jatuh ke laut," ucap Slamet Handhi seperti dalam keterangannya, Minggu (29/5/2022).


Kejadian ini berawal dari Tugboat Mega Daya 43 yang menarik TK. Marcopolo 188 sedang melakukan pelayaran dari IKKP Perawang dengan tujuan Singapura pada Kamis (26/5/2022) kemarin. Lalu sekitar pukul 00.30 WIB posisi kapal 10 mil arah nipah Nakhoda TB Mega Daya 43 menginstruksikan crew untuk melakukan pemendekan tali towing.