BMKG: Keluarkan Peringatan Dini Sejumlah Wilayah Akan Masuki Musim Kemarau

BMKG: Keluarkan Peringatan Dini Sejumlah Wilayah Akan Masuki Musim Kemarau

Lambeturah.co.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau secara bertahap yang terjadi pada bulan Mei 2024 hingga beberapa bulan kedepan.

BMKG telah mencatat jika dari hasil pemantauannya, sekurang-kurangnya baru 8 persen wilayah Indonesia yang sudah mulai memasuki musim kemarau di awal bulan Mei ini. 

"Hingga awal Mei 2024 menunjukkan bahwa baru sebanyak 8% wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau," demikian keterangan Deputi Bidang Klimatologi, Ardhasena Sopaheluwakan, dikutip dari laman resmi BMKG, pada Rabu (15/5/2024).

Adapun wilayah yang memasuki periode musim kemarau itu meliputi sebagian Aceh, sebagian Sumatera Utara, Riau bagian utara, sekitar Pangandaran Jawa Barat, sebagian Sulawesi Tengah, dan sebagian Maluku Utara.

Ia mengatakan, dalam beberapa pekan ke depan ada sejumlah wilayah Indonesia yang juga akan mengalami musim kemarau. Diantaranya Nusa Tenggara, sebagian pulau Jawa, sebagian pulau Sumatera, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian Maluku, serta Papua bagian timur dan selatan.

"Meskipun demikian, sekitar 76 persen wilayah Indonesia lainnya (530 ZOM) masih berada pada periode musim hujan," ucapnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan sembari terus meningkatkan kewaspadaannya, lantaran berpotensi terjadinya bencana masih cukup mungkin, terutama banjir di daerah-daerah yang memang rawan akan timbulnya bencana.

"Tetap tenang meski perlu tetap waspada terhadap potensi bencana terutama banjir yang sewaktu-waktu dapat terjadi," demikian imbauan BMKG.