Kesulitan Urus Akta Kelahiran Anak Gegara Nama Anak Kepanjangan

Kesulitan Urus Akta Kelahiran Anak Gegara Nama Anak Kepanjangan
Nama anak terpanjang, dengan 19 kata, seorang ayah di Kabupaten Tuban, Jawa Timur kebingungan karena tidak bisa mengurus akte lahir.

Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta, nama seorang anak di Tuban adalah anak dari pasangan Arif Akbar (29) dan Suci Nur Aisyiah (26), yang tinggal di Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar.

Cordo adalah nama panggilannya dilahirkan pada 6, Januari 2019, Namun hingga kini, Cordo belum memiliki akte kelahiran lantaran namanya terlalu panjang. Dukcapil Tuban pernah menyarankan untuk  mengganti nama  anak tesebut. Orang tua Cordo menyayangkan jika harus mengganti nama anaknya. Menurut penjelasannya nama tersebut berisi doa dan harapan.

Kasus Olivia Nathania Sudah P21 dan Dilimpahkan Ke Kejati DKI Jakarta



"Iya sudah beberapa kali ke kantor Dukcapil Tuban. Informasi yang didapat katanya di SIAK namanya lebih dari 50 karakter. Ini lho sudah tiga tahun, Saya disuruh mengubah nama anak, padahal namanya tersemat doa untuk kebaikannya. Kalau harapan tentu bisa diproses aktanya, karena saat masuk TK akta dibutuhkan,” kata Arif, kepada wartawan, Senin (4/10/2021).

Arif berpendapat, bahwa di daerah lain ada anak yang namanya juga panjang, bisa mendapatkan akta kelahiran. Walaupun tidak sepanjang nama Cordo yang mencapai 19 kata.

"Kami kesulitan mengurus akta anak. Sudah tiga tahun mengurus namun tidak bisa. Padahal kita itu pernah lihat di wilayah lain ada yang 17 kata," tutur Arif.

Hingga saat ini, Arif masih berharap akan ada kabar baik dari Dukcapil Tuban. Anak keduanya mendapatkan akta kelahiran.

Arif dan keluarga mengatakan sudah mengirim surat terbuka untuk Presiden Jokowi, Dengan harapan anaknya diakui oleh pemerintah dan dapat dimasukkan ke database Dukcapil Tuban.