PPKM Jawa - Bali Kembali Diperpanjang Sampai 29 November, Ini Info Terbarunya

PPKM Jawa - Bali Kembali Diperpanjang Sampai 29 November, Ini Info Terbarunya
LambeTurah.co.id - Pemerintah kembali memperpanjang PPKM Jawa-Bali dari level 1 hingga 3. Aturan mengenai perpanjangan PPKM ini tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendgari) Nomor 60 tahun 2021. Inmendagri ini ditujukan kepada gubernur untuk disampaikan kepada wali kota hingga bupati di Jawa dan Bali.

Aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3, 2, dan 1 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa-Bali. Inmendagri tersebut dikeluarkan oleh Mendagri Tito Karnavian pada Selasa (16/11/2021).

Disebutkan bahwa PPKM Jawa Bali akan diperpanjang selama 2 pekan. Hal ini terhitung mulai dari hari ini, Selasa, 16 November 2021, sampai 29 November 2021.

Maskot Piala Dunia Qatar 2022, Ini Tampilan Beda dan Uniknya



Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan bahwa ada 5 kabupaten/kota yang masuk ke PPKM level 1. Jadi total ada 26 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM level 1.

Berikut ini adalah daftar daerah Jawa Bali yang menerapkan PPKM level 1.

DKI Jakarta
Kabupaten Kepulauan Seribu
Jakarta Barat
Jakarta Timur
Jakarta Selatan
Jakarta Utara
Jakarta Pusat

Provinsi Banten
Kota Tangerang
Kabupaten Tangerang

Jawa Barat
Kota Cirebon
Kota Bogor
Kabupaten Pangandaran
Kota Banjar
Kabupaten Bekasi

Jawa Tengah
Kota Tegal
Kota Semarang
Kota Magelang
Kabupaten Semarang
Kabupaten Demak

Jawa Timur

Kota Surabaya
Kota Mojokerto
Kota Madiun
Kota Kediri
Kota Blitar
Kabupaten Jombang
Kabupaten Lamongan
Kota Pasuruan.

Luhut B Pandjaitan meminta agar semia pihak waspada karena adanya indikasi peningkatan kasus di Jawa-Bali dalam sepekan terakhir ini. Hal ini juga dapat terlihat dari beberapa kabupaten/kota di Jawa-Bali yang mulai mengalami peningkatan kasus dan perawatan mingguan.

Khusus wilayah Jawa-Bali terdapat 29% kabupaten/kota yang mengalami peningkatan kasus dibandingkan minggu lalu. Selain itu, ada 34% kabupaten/kota yang mengalami peningkatan orang yang dirawat dibandingkan minggu lalu.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin juga mengatakan bahwa ada 5 provinsi di Jawa yang terjadi kenaikan kasus Corona. Budi Sadikin juga mengungkapkan pesan Jokowi agar melakukan pengawasan yang ketat di daerah tersebut.

"Pak Presiden juga menekankan, 5 provinsi yang jumlah kasus sudah mulai melandai dan ada beberapa indikasi kenaikan, itu harus dimonitor secara ketat. Kelima provinsinya ada di Jawa," kata Budi dalam jumpa pers daring yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/11/2021).