Barang Penumpang Hilang, Pihak Rosalia Indah Tolak Ganti Rugi

Barang Penumpang Hilang, Pihak Rosalia Indah Tolak Ganti Rugi
Barang Penumpang Hilang, Pihak Rosalia Indah Tolak Ganti Rugi

Lambeturah.co.id - Pihak PT Rosalia Indah Transport menolak adanya tuntutan ganti rugi yang dilayangkan oleh penumpang yang kehilangan barang ketika perjalanan menggunakan layanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Rosalia Indah rute Wonosobo-Ciputat pada 19 Desember 2023 lalu.

Berdasarkan surat tuntutannya, penumpang bus Rosalia Indah itu telah menjadi korban pencurian bernama Widino Arnoldy dan menuntut perusahaan dalam 4 hal.

Dilansir dari akun X atau Twitter @emerson_yuntho, pada Selasa, salah satu tuntutannya ialah Rosalia Indah memberikan ganti kerugian kepada korban tindak pidana pencurian yang terjadi di dalam bus Rosalia Indah.

Sementara itu, Direktur PT Rosalia Indah Transport FX Adimas Rosdian mengatakan, usai berkonsultasi dengan beberapa pihak soal masalah hukum ini, pihaknya memutuskan untuk tidak mengganti barang bawaan penumpang yang hilang.

Sebab, aturan perusahaan yang tertera pada tiket bus Rosalia Indah menjelaskan jika kehilangan barang bawaan penumpang baik non-bagasi dan non-label bukan menjadi tanggung jawab perusahaan.

"Hal ini mengacu kepada Pasal 192 Ayat (4) Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan," katanya dikutip pada Selasa (2/1/2024).

Menurut Adimas, disampaikan korban saat manajemen perusahaan menemui Widino di Jakarta pada 24 Desember 2023 di BSD, Tangerang, Banten.

Dalam pertemuan itu, Widino memberikan kuasa atas peristiwa yang menimpanya ini pada kuasa hukum dan menyampaikan surat berisi empat tuntutan kepada PT Rosalia Indah Transport yaitu meminta maaf secara terbuka, memberi dukungan kepada pihak kepolisian dalam mengungkap dan menuntaskan kasus tindak pidana pencurian yang menimpa Widino, memberikan kompensasi atau ganti kerugian kepada Widino atas pengakuannya kehilangan iPad di bus Rosalia Indah, dan melakukan langkah-langkah korektif atau pembenahan untuk meningkatkan layanan Rosalia Indah kepada pengguna jasa. Mengenai tuntutan lainnya, kata Adimas, perusahaan berkomitmen memberi dukungan kepada pihak kepolisian dalam mengungkap dan menuntaskan kasus ini.

Lewat akun Instagram @rosaliaindah.official, manajemen juga sudah menyampaikan permohonan maaf secara terbuka.