Panglima TNI Sebut Rumah Terdampak Ledakan Gudang Amunisi Dapat Ganti Rugi

Panglima TNI Sebut Rumah Terdampak Ledakan Gudang Amunisi Dapat Ganti Rugi
Panglima TNI Sebut Rumah Terdampak Ledakan Gudang Amunisi Dapat Ganti Rugi

Lambeturah.co.id - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan bahwa rumah warga yang terdampak ledakan gudang amunisi Kodam Jaya TNI, pada Sabtu (30/3/2024) bakal mendapatkan ganti rugi.

"Tentu nanti kita akan data, aparat teritorial sekarang sedang bekerja. Nanti apabila ada kerusakan di rumah masyarakat akan kita ganti," kata Agus di Kantor Gudmurah Kodam Jaya, Bogor, pada Minggu (31/3/2024).

"Yang terdampak segera diselesaikan. Dari PJ Gubernur sudah siap untuk membantu bila ada kerugian-kerugian kerusakan di rumah masyarakat," tambahnya.

Namun, Agus sampai saat ini belum bisa merinci total kerugian yang disebabkan oleh ledakan tersebut.

Diketahui, Ledakan terjadi di gudang amunisi daerah Kodam Jaya TNI, Kampung Parung Pinang RT01/RW11, Dusun Ciangsana, Perbatasan Kabupaten Bekasi-Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (30/3/2024) petang.

Sebelumnya, gudang amunisi milik Kodam Jaya di Kampung Parung Pinang, Dusun Ciangsana, perbatasan Kabupaten Bekasi-Bogor, Jawa Barat, terbakar dan muncul ledakan, pada Sabtu (30/3/2024).

Gudang ini menyimpan lebih dari 160 ribu amunisi dan bahan peledak lainnya. Sebagian besar amunisi itu sudah kedaluwarsa.

Lokasi gudang terletak di tengah permukiman padat penduduk. Permukiman warga terdekat berjarak kurang dari satu kilometer dari lokasi kejadian.

Petugas mengevakuasi warga sekitar seiring menunggu situasi aman dan kondusif serta api berhasil dipadamkan.

Titik api pun berhasil dipadamkan pada pukul 03.45 WIB. Petugas masih melakukan pendinginan untuk mengantisipasi dampak lain. Tak ada korban jiwa imbas insiden ini. TNI bakal terus melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab ledakan.