PT KAI Ingin Jual Tiket Kereta Lebaran Seperti Pembelian Konser Coldplay

PT KAI Ingin Jual Tiket Kereta Lebaran Seperti Pembelian Konser Coldplay
PT KAI Ingin Jual Tiket Kereta Lebaran Seperti Pembelian Konser Coldplay

Lambeturah.co.id - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) berencana bakal menggunakan penjualan tiket Lebaran seperti layaknya dalam pembelian tiket konser Coldplay.

Hal itu diungkapkan oleh Executive Vice President, Information Technology PT KAI, Albertus Indarko Wiyogo. Ia menceritakan saat KAI bakal merilis tiket Lebaran, situs web perusahaan perkeretaapian ini langsung diserbu sampai dua juta hit. 

Namun, KAI melihat penjualan tiket itu masih banyak kekurangan. Hal ini yang membuat KAI berinovasi dengan berencana akan menerapkan penjualan tiket dengan metode antrean.

"Di tahun ini, kami berencana, jadi kami masih dalam tahap uji coba, kami berencana untuk menerapkan sistem queuing atau antrean. Pernah lihat tiket Coldplay? nanti siapa yang masuk pertama, dapat nomor antrean, tunggu berapa menit. Nah, ini akan (rencana) kami terapkan di penjualan tiket Lebaran," ujar Indarko di Jakarta, pada Rabu (17/1/2024).

"Jadi, kalau sebelumnya dua juta hit per jam, ini tetap dua juta hit, tapi yang masuk ke belakang bukan dua juta lagi, mungkin 500 ribu. Kita kontrol semuanya di sisi backend, supaya amit-amit tidak ada transaksi yang hilang," tambahnya.

Sebagai informasi, KAI telah menerapkan face recognition boarding gate yang bertujuan guna mempermudah penumpang yang akan menggunakan perjalanan kereta api tanpa perlu menunjukan dokumen.

Soal fasilitas layanan boarding di masa lebaran, KAI menyebutkan tak semua stasiun akan mengadopsinya. 

"Itu sudah pasti nggak. Di stasiun-stasiun kecil kan kurang efektif, investasinya juga lumayan. Seingat saya, ada 20 stasiun yang sudah pakai (face recognition boarding gate-red)," pungkasnya.