Penahanan Tubagus Djoddy Sopir Vanessa Angel Diperpanjang

Penahanan Tubagus Djoddy Sopir Vanessa Angel Diperpanjang
LambeTurah.co.id  Polres Jombang memperpanjang penahanan Tubagus Djoddy, sopir Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah yang jadi tersangka dalam kasus kecelakaan maut.

Kasat Lantas Polres Jombang AKP Rudi Purwanto menyampaikan soal perpanjangan masa tahanan Djoddy karenaberkas penyidikan belum lengkap.

Penyidik saat ini masih menunggu hasil analisa komponen semacam black box yang dikirim ke Jepang oleh Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mitsubishi Jakarta.

Anggota DPR Komisi III Minta Pelaku Pencabulan di Bandung Dihukum Kebiri



"Komponen tersebut sudah diambil Senin tanggal 15 November 2021. Di dalam komponen itu nantinya dikirim ke Jepang," ujar Rudi dikutip dari kanal Youtube Cumicumi, Kamis (25/11/2021).

Rudi juga menyampaikan bahwa komponen tersebut perekam data yang berhubungan dengan kecepatan dan pengereman beberapa saat sebelum terjadinya kecelakaan.

Data tersebut cukup penting dalam penyidikan kasus kecelakaan ini. "Komponen itu bisa merekam lima detik sebelum benturan bisa dilihat kecepatannya, lima detik sebelum benturan juga bisa dilihat prosentase pengendara dalam menginjak pedal gas ataupun pedal rem," paparnya menjelaskan.

Rudi menyebutkan bahwa pihaknya kini masih menunggu hasil analisa komponen tersebut dari ATPM Mitsubishi Jakarta.

"Kurang lebih menunggu datanya itu maksimal 10 hari atau 1 minggu paling cepat," ujarnya.

"Sehingga bisa mendapatkan keterangan ahli dari ATPM itu ada beberapa perlu untuk melengkapi penyidikan," tambah Rudi.

Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah yang tewas dalam kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto pada 4 November 2021. Dan kini, Tubagus Joddy sopirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Dia dikenakan pasal berlapis, yakni Pasal 310 ayat 4 dan Pasal 311 ayat 5 Undang-Undang Nomor 22 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya.

Joddy terancam hukuman maksimal 12 tahun penjara yang diduga melanggar UU lalu lintas, karena melaju dengan kecepatan tinggi dan juga bermain ponsel saat berkemudi.