Kini Influencer Mulai Ditinggal Ganti Social Commerce Gegara Bikin Rugi

Namun, ada pergeseran tren, yakni host yang biasanya berasal dari kalangan influencer mulai ditinggalkan.

Kini Influencer Mulai Ditinggal Ganti Social Commerce Gegara Bikin Rugi
Kini Influencer Mulai Ditinggal Ganti Social Commerce Gegara Bikin Rugi

Lambeturah.co.id - Para Penjual yang menggelar live streaming sudah mengakar di media sosial China. Namun, ada pergeseran tren, yakni host yang biasanya berasal dari kalangan influencer mulai ditinggalkan.

Hal itu lantaran banyak dari perusahaan yang memilih untuk menggunakan karyawan biasa atau karakter host virtual untuk tampil mempromosikan produk saat live berlangsung.

Biasanya, influencer menampilkan produk diskon bagi penggemar mereka. Namun, kini makin banyak orang yang mempertanyakan kegunaan menjual produk yang sudah ramai atau hype.

Mengutip laporan Nikkei Asia, sejumlah sumber mengatakan jika biaya yang digelontorkan untuk membayar influencer hampir menguras pendapatan perusahaan. 

Tak hanya itu, Perubahan besar lainnya juga terlihat dari status quo dimana tidak menggunakan acara jualan live untuk menerima pesanan melalui tautan dalam video.

Baru-baru ini seperti Apple yang membuat gebrakan saat mengumumkan akan mengadakan acara live streaming di pasar online Tmall China selama festival belanja tahunan "618" di negara itu.

Sekedar informasi, "618" adalah singkatan dari 18 Juni, tanggal pendirian operator e-commerce JD.com pada tahun 1998.