Respon Tokopedia Terkait Konsumen Beli iPhone Terima Batu

Respon Tokopedia Terkait Konsumen Beli iPhone Terima Batu
Respon Tokopedia Terkait Konsumen Beli iPhone Terima Batu

Lambeturah.co.id - Viral di media sosial seorang pembeli di marketplace Tokopedia mengeluhkan soal menerima barang yang tidak sesuai ketika berbelanja di sana. Dia membeli iPhone 13 seharga Rp11 juta, namun, yang diterima justru bongkahan batu.

Kisah itu diungkapkan oleh pemilik akun Twitter @Nayla_sa11 pada Senin (11/9/2023). Ia mengaku telah menghubungi layanan konsumen Tokopedia, tetapi respon yang diterima tidak sesuai harapan.

“TWITTER X PLEASE DO YOUR MAGIC!!! BELI HP YANG DITERIMA BATU. @TokopediaCare MENOLAK PROSES KLAIM DENGAN ALASAN TAK MASUK AKAL. SAYA TERANCAM KEHILANGAN UANG Rp 11 JUTA!” tulis Nayla.

Nayla juga menyebut jika dirinya membeli iPhone 13 pada 28 Juli 2023 dari salah satu toko yang berjualan di Tokopedia. Barang tiba di tempat penitipan paket yang menggunakan kurir JNE pada 29 Juli dan diambil pada 30 Juli.

Namun ia dibuat kaget saat melihat isi paketnya bukan iPhone, melainkan bongkahan batu. Sebagai bukti, dia melampirkan video saat membuka paket berisi batu tersebut.

Usai bolak balik mengonfirmasi ke platform Tokopedia, penjual dan JNE, pada 5 September lalu Nayla mendapat pemberitahuan dari Tokopedia jika klaim keberatannya ditolak oleh JNE.

Pada 9 September, katanya mendapat pemberitahuan dari JNE dengan alasan kondisi paket rapi dan tidak ada indikasi repacking dari kurir. Alasannya "Karena tidak ada bukti video awal kirim/packing dari penjual"

Sehari kemudian, JNE kembali memberi tahu proses klaim bisa dilanjutkan kembali jika ada bukti video packing dari penjual.

"Namun sampai saat ini tidak ada video packing baru yg diberikan penjual ataupun bukti CCTV yg diminta Tokopedia," kata Nayla.

Mungkin karena menemui jalan buntu, Nayla menceritakan pengalaman buruk itu di Twitter (X). Kisahnya pun viral di media sosial.

Baginya, alasan Tokopedia menolak klaimnya tidak masuk akal. Menurutnya, respons Tokopedia juga amat lamban.

“Per hari ini, Rabu, 13 September 2023 Belum ada update perkembangan komplain/kendala saya di Pusat Resolusi @tokopedia @TokopediaCare. Tolong @TokopediaCare aktif dalam berdiskusi di Pusat Resolusi dan aktif memberikan penjelasan terhadap konsumen,” tulis Nayla pada Rabu (13 September 2023).

Terkait hal itu, Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan pihaknya masih terus berkoordinasi dengan berbagai mitra strategis termasuk mitra logistik guna melakukan investigasi.

Tokopedia menyatakan bakal terus berkomunikasi secara transparan dengan pembeli tersebut.

"Komunikasi akan dilakukan, baik soal prosesnya maupun hasil investigasi." Ucap Aditia dikutip, pada Jumat (15/9/2023).

Sontak netizen menilai ada dua kemungkinan yang terjadi pada kasus Nayla. Bisa lantaran seller nakal, bisa juga paketnya diganti oleh kurir.

Dalam kasus lain, kurir membajak barang kiriman pernah terjadi pada Shopee Express.