Sandiaga Uno Tanggapi 2 Maskapai RI Terburuk di Dunia

Lion Air dan Wings Air peringkat pertama dan kedua maskapai dengan pelayanan terburuk di dunia dalam survei Bounce The 2022 Airline Index.

Sandiaga Uno Tanggapi 2 Maskapai RI Terburuk di Dunia
Sandiaga Uno Tanggapi 2 Maskapai RI Terburuk di Dunia

Lambeturah.co.id - 2 maskapai penerbangan yakni LION Air dan Wings Air masuk dalam daftar layanan terburuk di dunia berdasarkan survei yang dilakukan platform layanan perjalanan, Bounce. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan tanggapan untuk kedua maskapai milik Lion Air Group tersebut.

"Tentunya ini menjadi PR buat kita semua. Tapi saya ingin memberi semangat kepada seluruh pihak, kebetulan saya adalah pengguna maskapai tersebut," kata Sandiaga dalam Weekly Press Brief With Sandiaga Uno secara virtual, pada Selasa (15/11/2022).

Lion Air dan Wings Air dalam survei Bounce The 2022 Airline Index menempatkan Lion Air dan Wings Air di peringkat pertama dan kedua maskapai dengan pelayanan terburuk di dunia.

Layanan Lion Air mendapatkan skor 0,72/10. Lalu kedatangan tepat waktunya 42,27%. Tingkat pembatalan Lion Air mencapai 34,43%. Kemudian Wings Air skor 1.11/10. Tingkat kedatangan tepat waktu Wings Air 49,78%, sedangkan tingkat pembatalan 20,63%.

Sandiaga juga mengimbau kepada setiap maskapai penerbangan di Indonesia untuk bisa lebih menjaga kualitas pelayananan, terutama soal ketepatan waktu penerbangan.

"Jadi terus memperbaiki, dan bukan hanya ketepatan waktu tapi juga pelayanan, koordinasi, komunikasi intensif dan tentunya SOP dengan pihak terkait," ujarnya.

"Kalau saya ingin memberi semangat, kebetulan saya adalah pengguna yang cukup rutin. pengalaman saya menggunakan maskapai di Indonesia secara umum baik, dan sangat baik," sambungnya.

Menurutnya, jangan sampai masyarakat ikut menghujat maskapai yang dirasa belum sepenuhnya bisa memberikan pelayanan terbaik.