2024, Kartu E-toll Bakal Diganti Dengan Sistem Pembayaran Tanpa Sentuh

2024, Kartu E-toll Bakal Diganti Dengan Sistem Pembayaran Tanpa Sentuh
Lambeturah.co.id - Kartu E-toll yang biasa dilakukan untuk melakukan transaksi secara di jalan tol akan diganti dengan sistem pembayaran tanpa sentuh.

Jadi nantinya kartu E-toll tidak berguna lagi dan gardu-gardu tol bakal dicopot.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit menjelaskan kepada sistem E-toll akan diganti dengan sistem Global Navigation Satelite System (GNSS).

Sempat Didoakan Putus, Selebgram Tasya Revina Akhirnya Dilamar Arjuna Dewanto



Pada tahun 2024 mendatang, menurutnya gardu tol akan dilepas dan sistem baru akan diuji coba mulai Desember 2022.

"Sistem ini bisa mengetahui seberapa jauh pengendara menggunakan jalan tol dan total pembayarannya bisa dicek di sistem. Pembayaran bisa melalui E-wallet," katanya dikutip dari kompas, pada sabtu (21/5/2022).

Danang menambahkan, nantinya para pengguna tol bisa melakukan pembayaran non-tunai dengan menggunakan aplikasi electronic-on board unit (e-OBU) bernama Cantas di ponsel pintar.

Sistem ini pengguna kendaraan melakukan pembayaran hanya dengan melalui HP dan bisa mengurangi jumlah antrean di gerbang tol.

Cara kerja sistem ini, dengan menggunakan GPS sehingga bisa menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system.

Saat mobil keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Selain melalui aplikasi, pengguna tol dapat juga memasang OBU di mobil yang terintegrasi sistem pembayaran di gerbang tol.

Pengguna juga bisa memanfaatkan electronic route ticket atau tiket sekali perjalanan. Dengan begitu, mereka dapat memilih cara yang paling efektif sesuai kebutuhannya," ungkapnya.