Shin Tae-yong Sayangi Kekalahan Telak Timnas Indonesia di Leg I Final Piala AFF 2020

Shin Tae-yong Sayangi Kekalahan Telak Timnas Indonesia di Leg I Final Piala AFF 2020
LambeTurah.co.id - Shin Tae-yong memuji permainan anak asuhnya yang menahan imbang melawan Thailand di leg II final Piala AFF 2020 2-2. Namun, ia masih menyesali kekalahan telak Timnas Indonesia pada leg I.
Indonesia menahan imbang Thailand 2-2 di leg II yang berlangsung di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). Gol-gol dari Skuad Garuda dicetak oleh Ricky Kambuaya dan Egi Maulana Vikri sementara gol yang dicetak dari Negeri Gajah Putih diciptakan Adisak Kraisorn dan Sarach Yooyen.

Hasil tersebut membuat Thailan unggul agregat 6-2, setelah berhasil menang 4-0 di leg I pada 29 Desember 2021. Ini menjadi gelar keenam Thailand sepanjang Piala AFF, sementara Indonesia harus puas meraih Runner-up untuk yang keenam kalinya juga.


Pulau Rinca Terbakar, 43 Orang Dikerahkan Untuk Memadamkan Api


Meski gagal memenuhi ambisi menang pada leg kedua, Shin Tae-yong tak kecewa dengan hasil yang didapat timnya. Baginya, ini adalah langkah awal untuk meningkatkan level Indonesia.

"Para pemain kami masih muda. Leg pertama pemain kami kurang pengalaman. Leg kedua permainan membaik tapi seri. Dengan pengalaman ini, kami akan maju ke depan," kata Shin Tae-yong seusai laga.

"Ada beberapa turnamen berikutnya. Turnamen berikutnya kami akan menjadi calon juara, maka harus disiapkan dengan baik agar bisa juara turnamen berikutnya," ujarnya menambahkan.

Secara umum, Shin Tae-yong melihat adanya kemajuan yang terlihat jelas dari Timnas Indonesia. Dengan bekal pemain muda tak berpengalaman, timnas dapat melaju hingga babak final.

Persiapan panjang yang digelar dirasa tak begitu sia-sia. Asnawi Mangkualam cs sudah menggelar Pemusatan Latihan (TC) sejak pekan pertama November 2021.

"Akhirnya sudah selesai partai final. Leg pertama kami tak lakukan permainan yang diinginkan," ucap Shin Tae-yong.

"Kedua, begitu ada pengalaman yang baik memang pemain sangat bekerja keras menampilkan permainan yang kami inginkan. Saya mau memuji pemain soal itu," jelasnya.