Untuk Review PPKM Tetap Diperpanjang Dua Pekan

Untuk Review PPKM Tetap Diperpanjang Dua Pekan
Pemerintah memastikan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per level untuk wilayah Jawa-Bali. PPKM akan berlangsung selama sepekan ke depan atau tepatnya hingga 4 Oktober 2021 untuk dilakukan review kembali.

Namun, Menko Marve Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan dalam perpanjangan tersbeut tak ada lagi daerah dengan level 4 pada pelaksanaan PPKM Jawa-Bali. "Dari berbagai perbaikan, tidak ada lagi kabupaten/kota di level 4 di Jawa Bali. Semua pada level 3-2," ujar komandan PPKM Jawa Bali itu dalam konferensi pers, Senin (20/9) petang.

"Dalam Ratas diputuskan tak ada perubahan kebijakan PPKM level, dan dilakukan sampai 2 minggu ke depan," kata Luhut. Pemerintah menyatakan akan terus menerapkan PPKM di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali selama virus corona belum sepenuhnya hilang. Penerapan PPKM di Jawa-Bali akan dievaluasi tiap satu pekan dan di luar Jawa-Bali tiap dua pekan sekali. Luhut mengatakan PPKM akan selamanya menjadi instrumen pemerintah dalam pengendalian Covid-19 di Tanah Air.

Polres Jaksel Tangkap Gitaris Grup Band Ternama Berinisial R



"Situasi membaik, Setiap 1 kasus covid menularkan ke 0,9 orang jumlah ini berkurang, artinya pandemi terkendali dari penilaian tim penasehat dan tim ahli kami," kata Luhut.

Luhut juga mengatakan tak ada lagi wilayah yang masuk PPKM Level 4. Meski terus memberlakukan PPKM namun pemerintah juga telah melonggarkan pembatasan di sejumlah daerah. Pemerintah mulai mengizinkan berbagai fasilitas umum beroperasi seperti mal, taman bermain, tempat rekreasi, pasar, hingga bioskop.

Adapun perkembangan kasus aktif turun 4.097 menjadi 60.969 orang. Dengan demikian, maka total kasus Covid-19 di Indonesia secara total menjadi 4.190.763 orang.
Dalam satu minggu terakhir, tren kasus aktif corona di Indonesia juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.