Indonesia kalah telak dari Thailand, Banyak yang Menangis

Indonesia kalah telak dari Thailand, Banyak yang Menangis
LambeTurah.co.id - Beredar berbagai video viral yang memperlihatkan kekecewaan warga Indonesia ketika Timnas Indonesia kalah telah 4 – 0 saat melawan Thailand pada leg pertaman Final Piala AFF 2020, Rabu (29/12). Sang pelatih, Shin Tae-yong tak menyangka jika anak asuhnya bisa kebobolan banyak.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand berlangsung di National Stadium, Singapura pada Rabu (29/12) pukul 19.30 WIB. Bintang kemenangan timnas Thailand kali ini adalah Chanathip Songkrasin yang berhasil mencetak dua gol pada menit kedua dan 52'.

Adapun dua gol timnas Thailand lainnya dibukukan oleh Supachak Sarachat (67') dan Bordn Phala (83'). Menilik data statistik, timnas Thailand layak menang dengan skor mencolok karena tampil sangat mendominasi sejak awal pertandingan. Timnas Thailand dengan 67 persen penguasaan bola tercatat berhasil melepaskan 19 tembakan ke arah gawang sepanjang pertandingan.

Diduga Ahmad Dhani Tak Jalani Karantina, Ini Kata Satgas Covid-19



Seusai pertandinga, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku terkejut dengan kekalahan telah yang dialami anak asuhnya. Terlepas dari hal itu, Shin Te-yong tetap berharap jika pemain-pemain muda timnas Indonesia banyak belajar dari kekalahan ini.

"Saya tidak menyangka timnas Indonesia akan kemasukan banyak gol dan kalah dengan skor besar," kata Shin Tae-yong.
"Sekali lagi, sangat terasa bahwa skuad timnas Indonesia masih kurang pengalaman," tutur Shin Tae-yong menambahkan.

"Sangat penting untuk terus bergerak maju. Pola bermain dan hal-hal yang kami lakukan dengan bagus sepanjang turnamen, kami akan fokus pada aspek positif tersebut," ujar Shin Tae-yong.
"Saya akan terus mengingatkan pemain untuk bermain lebih baik pada leg kedua," tutur pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan.

Diketahui jika Shin Tae-yong tidak memiliki personel lengkap kala melakoni laga leg pertama final Piala Aff 2020. Sang fillback kiri, Pratama Arhan tak bisa bertanding karena akumulasi kartu kuning.

Sejumlah kesalahan yang dilakukan Timnas Indonesia jadi sorotan usai kalah 0-4 dari Thailand di leg I. Salah satunya adalah gagal menjaga lini pertahanan dengan baik. Sektor belakang Indonesia dinilai sangat lemah sehingga Thailand mudah sekali menjebolnya.

Sekain itu, mentalitas para pemain timnas Indonesia juga diuji ketika awal-awal pertandingan mereka telah tertinggal 2 gol. Meski mentalitas timnas Indonesia telah dilatih oleh Shin Tae-yong, tapi ternyata tertinggal jauh membuat para pemain terlihat gugup.

Kalah dengan selisih empat gol menjadi hasil terburuk timnas Indonesia selama pagelaran Piala AFF dan Piala Tiger. Sebelumnya, kekalahan terburuk timnas Indonesia adalah 1-4 dari Thailand di final Piala AFF 2000 dan 0-3 dari Malaysia saat leg pertama Piala Aff 2010.

Kekalahan 0-4 membuat timnas Indonesia wajib berusaha lebih keras untuk mengalahkan Thailand di leg kedua untuk mengejar ketertinggalan. Di sisi lain, timnas Thailand hanya butuh hasil imbang untuk menang di final Piala Aff 2020.
Leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia dan Thailand akan kembali dihelat di National Stadium Singapore pada Sabtu (1/1/2022) malam WIB.